Saturday, March 9, 2013

Cara Merawat Kolam Ikan Koi

Kehadiran ikan koi akan membuat kolam terlihat lebih cantik dan memberi kesan yang menyenangkan, saat dijadikan elemen eksterior rumah. Tentu saja hal tersebut didukung dengan desain kolam dan perawatan yang tepat.
Untuk membuat ikan koi tampil cemerlang dan sehat, perawatan kolam menjadi hal yang perlu Anda perhatikan. Ikan koi hias, memang membutuhkan tempat hidup yang bersih, nyaman dan aman. Bebas dari sisa-sisa ekskresi hewan, itu sendiri dan juga dari sisa-sisa makanan. Karena itu, merawat kolam ikan koi penting Anda lakukan. 
Di bawah ini adalah beberapa cara merawat ikan koi:
Kedalaman kolam ikan koi, kedalaman kolam sangat penting bagi ikan koi. Kedalaman kolam hendaknya lebih dari 80 cm (bagian yang terisi air), agar kolam ikan Anda terlindung dari binatang pemangsa, ikan peliharaan seperti kucing dan hewan lain yang mungkin akan memusnahkan ikan Anda. Kolam ikan yang lebih dalam juga membantu menstabilkan temperatur air yang disebabkan oleh terik panas matahari, atau cuaca dingin diwaktu malam atau pada saat hujan.
Membuat pelindung bagi koi, bila lokasi kolam koi yang Anda pilih berada pada lokasi terbuka, pastikan tidak sepenuhnya terkena sinar matahari karena selain akan cepat meningkatkan temperatur air kolam, hal tersebut dapat pula mempercepat pertumbuhan lumut-lumut yang dapat mempengaruhi kejernihan air kolam. 
Alternatif menempatkan tanaman pelindung dipinggir kolam adalah sangat dianjurkan. Selain itu Anda dapat juga menggunakan tanaman air seperti teratai, lili air dalam kolam, disamping sebagai penambah keindahan kolam, tanaman air juga menjadi tempat perlindungan yang menaungi ikan. Namun, Anda harus menghindari menanam pohon yang besar karena dapat berpotensi akarnya akan merusak kolam koi Anda.
Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah pastikan dedaunan dari tanaman pelindung tidak jatuh ke dalam kolam, dan segera bersihkan bila memang tidak terhindarkan. Karena daun bisa membusuk serta menyebabkan tumbuhnya lumut melayang yang  dapat memperkeruh air di dalam kolam dan mengganggu pertumbuhan koi. Berbeda halnya dengan lumut yang menempel di dinding kolam, lumut jenis ini tetap membuat kolam terlihat jernih dan bisa menjadi makanan ikan koi.
Agar ikan koi memiliki warna yang lebih cerah, Anda bisa mensiasati dengan memberikan warna hitam pada dinding kolam menggunakan cat kolam koi yang banyak beredar di pasaran, misalnya produk FLEXY COAT WATER PONDING. Selain mampu membuat ikan koi tampil lebih cantik, finishing cat juga akan mengurangi pertumbuhan lumut dan menghindari kontak langsung antara semen dengan kolam yang dapat mempertinggi ph air.
Aksesoris kolam koi, agar ikan koi yang Anda cintai dapat tumbuh dengan baik dan sehat, beberapa aksesoris diperlukan dalam rangka menjaga kondisi air kolam yang menjadi habitatnya. Idealnya Anda akan memerlukan sebuah pompa air, sistem filtrasi, aerator kolam air, pemanas air dan alat sterilisasi ultraviolet.
Selamat merawat kolam ikan koi!!!

No comments:

Post a Comment